Griya Literasi

Palembang Independen – Sevilla resmi menjadi juara Liga Europa 2022/2023 usai mengalahkan AS Roma lewat adu penalti 4-1 di Puskas Arena, Hungaria, Kamis (1/6/2023) WIB. Sebelum masuk ke babak adu penalti, Sevilla dan AS Roma bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Kedua tim turun dengan skuad terbaiknya. AS Roma memimpin duluan pada menit ke-34 setelah Bryan Cristante memenangi duel di tengah, bola lalu dikuasai Gianluca Mancini yang jeli melihat celah terbuka untuk Paulo Dybala. Dybala menghadapi gawang dan melepaskan tembakan mendatar ke pojok. Hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta.

Sevilla memulai babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan. Akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 ketika Gianluca Mancini memasukkan bola ke dalam gawangnya sendiri. Skor kembali imbang 1-1 tak berubah sampai waktu normal usai.

Baca Juga:  Hasil Liga Europa: Sevilla Tantang AS Roma di Final

Begitu pula pada babak tambahan, kedua tim cenderung bermain aman. Kedua pelatih sama-sama tidak mau membuat kesalahan fatal yang berujung kekalahan kepada mereka. Sehingga pemenang ditentukan via adu penalti.

Pada babak adu pinalti, Lucas Ocampos dan Brian Cristante mencetak gol pertama untuk kedua tim. Selanjutnya Erik Lamela melepaskan tembakannya yang kembali berbuah menjadi gol, akan tetapi tembakan Mancini gagal untuk Roma. Setelah Rakitic mencetak gol ketiga untuk Sevilla, Bono dengan brilian menepis penalti Roger Ibanez ke tiang gawang. Alhasil, Montiel yang sebagai penendang keempat berhasil mencetak gol dan menjadi penentu kemenangan Sevilla sebagai juara Europa League 2022/2023.

Keberhasilan atas AS Roma menegaskan Sevilla sebagai raja Liga Europa dengan koleksi tujuh gelar juara. Sebelumnya, mereka menjadi kampiun pada 2006, 2007, 2014, 2015, 2016 dan 2020. Tepat di tahun 2023, gelar juara kembali ke tangan Sevilla. Tim kedua terbanyak yang meraih gelar juara adalah Juventus, Atletico Madrid, Inter Milan, dan Liverpool. Masing-masing tim meraih tiga gelar juara. (Abi)

Baca Juga:  PSHT Gandus Diharap Dapat Semakin Mendukung Kondusifitas di Sumsel
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *